Ruang Tugas_Rizky Ramadhan
Tugas Rekayasa Perangkat Lunak - Pertemuan 1
1. Sebutkan contoh-contoh aplikasi ( minimal 3 ) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak"
- Perangkat Lunak Sistem : Microsoft windows, Linux, Apple
- Perangkat Lunak Aplikasi : Adobe Illustration, Google Chrome, Ms.Word.
- Perangkat Lunak Rekayasa/Ilmiah : Auto CAD, Algebrator, Simulasi Sistem.
- Perangkat Lunak yang tertanam : Real Time Video, DVD Player, Mp3 Player.
- Perangkat Lunak Lini Produk : Spreadsheet, Multimedia, Pengolah kata.
- Perangkat Lunak Aplikasi Web : Yahoo Mail, Wordpress, YouTube.
- Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan : Tide Chart, Earthquake Tracker, dan Weather Radar.
2. Sebutkan contoh-contoh aplikasi ( minimal 3 ) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak
aplikasi"
- Stand-Alone Applications : Aplikasi Office (Ms.Word, Ms.Excel, dll) pada PC, Program CAD, software
manipulasi foto.
- Interactive Transaction-Based Application : e-commerce, m-banking, Paypal.
- Batch Processing System : Sistem penggadaian barang, sistem penagihan telepon, sistem pembayaran gaji.
- Embedded Control System : Software pada Oven Microwave, software Anti-lock mobil, Room Heater.
3. Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL
- Users : Orang-orang yang akan menggunakan perangkat lunak.
- Customer (client) : orang yang membeli sekaligus menggunakan software
- Software Developer : orang yang memelihara dan mengembangkan software.
- Development Manager : orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan software, memiliki latar belakang pendidikan administrasi bisnis.
4. Jelaskan 4 kegiatan proses PL
- Spesifikasi PL
- Pengembangan PL
- Software Validasi
- Software Evolusi
5. Sebutkan mitos-mitos lain ( minimal 3 ) dalam PL selain mitos-mitos yang ada
- Mitos 1 : Semakin banyak orang didalam team berarti pembangunan lebih cepat dan lebih baik.
Realita : ketika menambahkan orang baru dalam team, kita perlu berkomunikasi dengan mereka dan onboard
proyek, maka ini akan menghabiskan banyak waktu.
- Mitos 2 : Menulis kode adalah satu-satunya yang dilakukan programmer.
Realita : Programmer perlu memahami daerah subjek dan mendapatkan beberapa pengetahuan domain dan
sisi finansial pembuatan software tersebut.
- Mitos 3 : Pembangunan harus secepat mungkin
Komentar
Posting Komentar