Ruang Tugas_Rizky Ramadhan

Tugas Rekayasa Perangkat Lunak - Pertemuan 1



Nama    : Rizky Ramadhan

NIM     : 12210346

Kelas    : 12.7B.07

Kampus :Damai



1. Sebutkan contoh-contoh aplikasi ( minimal 3 ) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak"

 - Perangkat Lunak Sistem : Microsoft windows, Linux, Apple

 - Perangkat Lunak Aplikasi : Adobe Illustration, Google Chrome, Ms.Word.

 - Perangkat Lunak Rekayasa/Ilmiah : Auto CAD, Algebrator, Simulasi Sistem.

 - Perangkat Lunak yang tertanam : Real Time Video, DVD Player, Mp3 Player.

 - Perangkat Lunak Lini Produk : Spreadsheet, Multimedia, Pengolah kata.

 - Perangkat Lunak Aplikasi Web : Yahoo Mail, Wordpress, YouTube.

 - Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan : Tide Chart, Earthquake Tracker, dan Weather Radar.

 

2. Sebutkan contoh-contoh aplikasi ( minimal 3 ) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak

     aplikasi"

 - Stand-Alone Applications : Aplikasi Office (Ms.Word, Ms.Excel, dll) pada PC, Program CAD, software

    manipulasi foto.

 - Interactive Transaction-Based Application : e-commerce, m-banking, Paypal.

 - Batch Processing System : Sistem penggadaian barang, sistem penagihan telepon, sistem pembayaran gaji.

 - Embedded Control System : Software pada Oven Microwave, software Anti-lock mobil, Room Heater.

 

3. Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL

- Users : Orang-orang yang akan menggunakan perangkat lunak.

- Customer (client) : orang yang membeli sekaligus menggunakan software

- Software Developer : orang yang memelihara dan mengembangkan software.

- Development Manager : orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan software, memiliki latar belakang pendidikan administrasi bisnis.

 

4. Jelaskan 4 kegiatan proses PL

- Spesifikasi PL

- Pengembangan PL

- Software Validasi

- Software Evolusi

 

5. Sebutkan mitos-mitos lain ( minimal 3 ) dalam PL selain mitos-mitos yang ada

Mitos 1 : Semakin banyak orang didalam team berarti pembangunan lebih cepat dan lebih baik.

    Realita : ketika menambahkan orang baru dalam team, kita perlu berkomunikasi dengan mereka dan onboard

    proyek, maka ini akan menghabiskan banyak waktu.

- Mitos 2 : Menulis kode adalah satu-satunya yang dilakukan programmer.

    Realita : Programmer perlu memahami daerah subjek  dan mendapatkan beberapa pengetahuan domain dan

    sisi finansial pembuatan software tersebut.

- Mitos 3 : Pembangunan harus secepat mungkin

    Realita : Dalam kebanyakan proyek, mendedikasikan waktu untuk merencanakan dan mengumpulkanpersyaratan akan mendatangkan hasil terbaik. Jika memaksa pengembang bekerja berjam-jam berharap produktif sebaliknya produktivitas mereka akan turun drastis, tidak perlu mendesak pengembang.

LINK GDRIVE: https://drive.google.com/file/d/18prHplcCs7A8ToOCLSkwztmMSEnDDFFE/view?usp=sharing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 3 Rekayasa Perangkat Lunak - 7 Kegiatan pada Rekayasa Kebutuhan

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan