Pertemuan 3 Rekayasa Perangkat Lunak - 7 Kegiatan pada Rekayasa Kebutuhan
7 Kegiatan pada Rekayasa Kebutuhan:
1. Pengenalan Permasalahan (Inception)
2. Pengenalan Lanjutan (Elicitation)
3. Elaborasi (Elaboration)
4. Negosiasi
5. Spesifikasi (Specification)
6. Validasi (Validation)
7. Manajemen Kebutuhan (Requirement Management)
1. Pengenalan Permasalahan (Inception)
• Proyek PL dimulai ketika kebutuhan bisnis atau pasar atau layanan baru telah diidentifikasi atau ditemukan
• Menetapkan pemahaman dasar tentang masalah, siapa yang menginginkan solusi, sifat solusi, serta keefektifan komunikasi dan kolaborasi antara stakeholder dengan tim PL.
2. Pengenalan Lanjutan (Elicitation)
• Bagian penting dari elisitasi adalah untuk menetapkan tujuan bisnis.
• Masalah yang sering dijumpai:
Lingkup permasalahan: tentang batasan sistem tidak jelas atau rincian teknis yang membingungkan
Permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman
Permasalahan yang berkaitan dengan kestabilan
3. Elaborasi (Elaboration)
• Elaborasi dilakukan dengan cara membuat dan penyempurnaan skenario pengguna yang menggambarkan bagaimana pengguna akhir (dan aktor lain) akan berinteraksi dengan sistem.
4. Negosiasi
• Konflik yang terjadi antara pelanggan, pengguna dan stakeholder harus didamaikan dengan pendekatan yang bersifat iteratif untuk menentukan skala prioritas kebutuhan, menilai biaya-biaya dan risiko masing- masing.
5. Spesifikasi (Specification)
• Spesifikasi kebutuhan adalah proses menuliskan kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem ke dalam dokumen kebutuhan.
• Spesifikasi dapat berupa dokumen tertulis, model grafis, model matematika formal, kumpulan skenario penggunaan sistem/PL, prototipe, atau kombinasi dari semuanya.
• Kebutuhan pengguna menggambarkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional sehingga dapat dimengerti oleh pengguna sistem (perilaku eksternal dari sistem) yang tidak memiliki pengetahuan teknis.
• Dokumen kebutuhan tidak boleh menyertakan rincian arsitektur atau desain sistem.
6. Validasi (Validation)
• Validasi kebutuhan adalah proses pengecekan kebutuhan yang benar-benar menentukan sistem yang diinginkan oleh pelanggan.
• Validasi melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa:
Semua kebutuhan PL telah dinyatakan dengan jelas
Inkonsistensi, kelalaian, dan kesalahan telah terdeteksi dan diperbaiki
Produk kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk proses, proyek, dan produk.
7. Manajemen Kebutuhan (Requirement Management)
• Adalah serangkaian kegiatan yang membantu tim proyek untuk mengidentifikasi, mengontrol, dan melacak kebutuhan-kebutuhan dan melacak perubahan terhadap kebutuhan saat proyek berlangsung.
• Ada beberapa alasan mengapa perubahan tidak dapat dihindari:
1.Lingkungan bisnis dan teknis sistem selalu berubah setelah instalasi.
2.Pengguna sistem bukan orang yang sama.
3.Sistem besar biasanya memiliki komunitas pengguna yang beragam
Source: http://share.its.ac.id/course/view.php?id=417
Link Gdrive: https://docs.google.com/document/d/1iLBobJEqOKtslYz2QsZBknRnXdmIamOv/edit?usp=sharing&ouid=101828518048301023662&rtpof=true&sd=true
Komentar
Posting Komentar